Blog

5 Masalah Terbesar Remaja Masa Kini dan Cara Mengatasinya

Saat remaja adalah saat-saat yang penuh warna, tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa remaja adalah masa-masa yang penuh gejolak. Saat remaja kita akan sering merasakan mood yang berubah dengan cepat, sesaat bisa merasa happy kegirangan tapi sesaat juga bisa langsung merasa sedih tidak karuan. Belum lagi berbagai masalah yang dialami ketika masa-masa remaja. Namanya juga remaja yaitu masa transisi/peralihan dari anak-anak menuju dewasa pasti wajar jika mendapat banyak masalah. Ini dia lima masalah terbesar yang paling sering dirasakan oleh remaja.

Penampilan

Yang pertama adalah penampilan, kadang bagi beberapa remaja masalah terbesar dalam hidup ini adalah masalah penampilan. Baju harus matching dan tentunya trendy jika tidak rasa-rasanya tidak akan mau keluar rumah. Belum lagi jika melihat foto-foto body goals dari para selebgram yang membuat minder dan juga baper, sehingga setiap kali mau makan akan merasa berdosa banget dan harus diganti dengan puasa 3 hari 3 malam. Bukan hanya penampilan dan wajah saja, sering kali jerawat juga menjadi sebuah masalah yang besar.

Padahal hidup itu bukan tentang masalah penampilan saja kan? karena kalau penampilannya baik tapi tidak punya attitude yang baik akan percuma saja. Sebagai remaja jangan hanya fokus untuk meng-upgrade penampilan saja tapi fokus juga untuk meng-upgrade kualitas diri kamu. Penampilan sempurna itu mungkin memang penting tapi yang jauh lebih penting adalah bagaimana kamu bisa menjadi sempurna untuk diri kamu sendiri.

Pendidikan

Yang kedua adalah pendidikan, jaman sekarang pendidikan dirasa lebih sulit bagi sebagian besar anak remaja. Bahkan untuk mendapatkan nilai yang bagus banyak yang harus pulang malam, kursus sana-sini dan lain-lain. Mungkin, pendidikan jaman sekarang tidak semudah ketika jaman dahulu akan tetapi jaman sekarang justru pendidikan sudah sangat dipermudah oleh teknologi canggih. Nah, untuk itu perlu banget bagi kamu melek akan teknologi dan menggunakannya sebijak mungkin. Ada banyak cara untuk belajar, jika tidak tahu maka cari tahu. Jika belum mengerti maka belajarlah dari yang ahli. Jadi dari pada mengeluh dan menjadikan ini sumber masalah lebih baik bersyukur dan jangan lupa unutk terus belajar. Kita harus selalu ingat bahwa pendidikan itu sangat penting, ibaratnya paspor, pendidikan bisa membuka akses kamu untuk keliling dunia.

Persahabatan

Yang ketiga adalah persahabatan. Persahabatan memang tidak pernah lepas dari remaja, hampir dari kita semua memiliki lingkaran persahabatan. Persahabatan memang sangat bagus tapi jika persahabatan mendatangkan tekanan bisa menjadi masalah besar dalam masa remaja. Bahkan terkadang demi memiliki sahabat, tidak jarang ada yang rela beli baju dengan merek dan warna yang sama padahal unutk uang sekolah saja orangtua masih susah mencari biaya. Ada juga yang bahkan rela ikut tawuran hingga bela-belain bolos sekolah hanya untuk bisa dianggap anak gaul dan diterima dalam lingkaran pertemanannya.

Untuk bisa diterima di dalam lingkungan memang gampang-gampang susah sih! Bahkan kamu harus terpaksa melakukan segala cara hanya untuk bisa mengubah diri kamu seperti yang orang lain mau dan lebih parahnya lagi kamu tidak segan-segan lagi mengikuti peraturan yang orang lain buat. Jika hal itu yang terjadi maka sebaiknya kamu berhenti dari lingkaran persahabatan tersebut. Karena, jika ia adalah sahabat yang baik ia akan menerima kamu apa adanya bukan ada apa-apa nya. Sahabat yang baik pastinya tidak akan mau memaksa apalagi menjerumuskan kamu kedalam masalah. Kita harus ingat berteman memang dengan siapa saja tanpa membedakan tapi kita juga harus bijak dalam memilih sahabat apalagi sahabat dekat dalam hidup kita, karena dengan siapa kita bergaul akan sangat mempengaruhi masa depan kita.

Percintaan

Yang keempat adalah percintaan. Masa-masa remaja merupakan masa-masa yang paling indah karena diwarnai dengan kisah cinta meskipun orang bilang hanya “cinta monyet” tapi pas putus cinta rasanya sakit juga kan? belum lagi percintaan rumit seperti LDR atau percintaan yang tidak direstui oleh orang tua karena belum waktunya. Kadang rasa kangen itu bisa membuat tidak bisa tidur, tidak selera makan, tidak bisa belajar intinya tidak bisa ngapa-ngapain.

Well, jatuh cinta boleh-boleh saja tapi jadikan jatuh cinta itu sebagai penyemangat kamu untuk bisa mendapatkan prestasi di sekolah bukan sebaliknya malah membuat kamu uring-uringan mogok sekolah sampai dapat ranking paling belakang. Ini akan jadi petaka, sudah nilai hancur perasaan juga ikut hancur. Kalau begitu siapa coba yang rugi?

Percaya diri

Yang terakhir adalah percaya diri. Biasanya yang paling sering dialami remaja adalah krisis kepercayaan diri alias tidak PD alias minderan padahal percaya diri itu penting banget. Percaya diri adalah ujung tombak dalam kehidupan sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang baik remaja maupun ketika sudah dewasa nanti.

Tanpa rasa percaya diri mungkin akan banyak sekali masalah dalam kehidupan kita yang akan sulit untuk diatasi. Kepercayaan diri itu bukan bawaan dari lahir, kepercayaan diri itu ada karena terus diasah sehingga bisa dan akhirnya kita percaya akan kemampuan kita. Kita tidak akan pernah tahu jika kita belum pernah mencobanya, kita harus sadar bahwa kita itu unik, spesial, berharga,  dan tidak ada duanya di dunia ini. Nah, jadi sekarang harus lebih percaya diri ya!

Itu dia lima masalah terbesar yang hampir dirasakan oleh semua remaja. Apapun masalah kamu, tetaplah berpikkir optimis dan selalu ingat bahwa setiap masalah itu hadir untuk mendewasakan kamu.  Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan ad-block kamu untuk melanjutkan.