Blog

Ingin Kerja di Google? Ini Caranya!

Bekerja di perusahaan raksasa sekelas Google pasti menjadi impian banyak orang. Tak mudah untuk diterima sebagai karyawan di perusahaan teknologi raksasa tersebut. Dilansir dari VOI, setidaknya ada 12 kali tahapan wawancara agar pelamar bisa diterima di Google.

Jika kamu ingin bekerja di Google, berikut ini tahapan yang harus kamu persiapkan sebagai calon pelamar.

#1 Registrasi ke Google

Google sudah menyediakan laman khusus terkait informasi pekerjaan di perusahaan teknologi itu. Calon pelamar bisa mengunjungi laman https://careers.google.com kemudian bacalah informasi tentang bermacam-macam karir yang disediakan oleh perusahaan. Selain di Amerika, Google memiliki kantor yang tersebar di berbagai negara dunia, termasuk di Indonesia. Kamu bisa melihat pekerjaan berdasarkan lokasi. Kantor Google di kawasan Asia Pasifik terdapat di Singapura.

#2 Tentukan Jenis Pekerjaan yang Diinginkan

Agar kamu dapat bekerja di Google, usahakan untuk memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan background calon pelamar seperti skill dan pendidikan yang pernah ditempuh. Google sangat memperhatikan hal ini. Perusahaan itu juga mengungkapkan bahwa mereka memperhatikan prestasi dan informasi yang lebih spesifik tentang skill dan pengalamanmu.

#3 Bikin CV Satu Halaman Saja

Dalam CV, kamu dituntut menyampaikan informasi dengan ringkas dan padat tentang fokus kamu pada jenis pekerjaan yang ingin dilamar. Pasalnya Google tidak akan melihat profil diri kamu di dalam resume.

Berbeda dengan resume yang dikirimkan untuk perusahaan lain, kamu tidak perlu memuat informasi terkait pendidikan dan pengalaman kerja. Pasalnya, ketika kamu sudah apply di sana, Google sudah menyiapkan form khusus untuk informasi pendidikan dan pengalaman bekerja.

#4 Kuasai Bahasa Inggris

Mengingat Google adalah perusahaan raksasa teknologi dunia, akan lebih baik bagi kamu untuk menguasai bahasa Inggris, baik writing maupun speaking. Walaupun yang kamu pilih adalah perusahaan Google cabang Indonesia, kemampuan bahasa Inggris tetap harus dikuasai dengan baik dan lancar. Hal ini berguna bagi kamu ketika menjalin komunikasi dengan orang-orang dari negara lain.

#5 Persiapkan Diri untuk Interview

Ada baiknya bagi kamu yang lolos seleksi awal harus mempersiapkan diri dengan baik. Pasalnya, setelah dokumen CV yang kamu apply lolos, pihak perusahaan akan menghubungi untuk melanjutkan ke tahap wawancara. Dalam mewawancarai calon karyawan, Google menggunakan metode sains yang terstruktur dan tidak bertele-tele. Ketika tahapan interview, calon karyawan akan ditugaskan untuk membuat berbagai pertanyaan terkait topik tertentu. Setelah itu akan diarahkan untuk membuat penilaian agar dicocokkan. Hal ini berbeda dengan perusahaan lain, di mana HRD memberikan pertanyaan kepada calon karyawan. Di Google justru sebaliknya. Dalam membuat pertanyaan, kamu harus memperhatikan 4 hal yaitu kemampuan belajar dan adaptasi dengan cepat, kepemimpinan, kooperatif, dan pengetahuan dan pengalaman bidang yang ingin dilamar.

Demikian cara bekerja dan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar di Google. Nah, apakah kamu sudah siap menjadi bagian dari perusahaan teknologi terbesar tersebut?

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan ad-block kamu untuk melanjutkan.