Blog

Teknik Belajar Feynman: Belajar Agar Benar-benar Paham

Setiap orang punya gaya belajar masing-masing tapi, tahukah kamu? Ada satu teknik belajar yang bisa digunakan oleh semua orang. Sebuah teknik belajar yang digunakan untuk memahami suatu konsep lebih dalam yang disebut dengan teknik Feynman. Feynman sendiri mengacu pada Richard Feynman, ia adalah seorang ilmuan atau lebih tepatnya seorang fisikawan teoritis yang memenangkan Piagam Nobel Fisika pada tahun 1965 untuk Teori Elektrodinamika Quantum yang dikembangkannya bersama Julian Seymour Schwinger dan Tomonaga Sin-Itiro.

Yang unik dari Feynman selain kejeniusannya adalah kemampuannya untuk menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dengan mudah sampai-sampai ia dijuluki sebagai The Great Explainer atau “Si Pemberi Penjelasan yang Hebat”. Ketika menjelaskan suatu konsep yang kompleks Faynman membagi konsep tersebut kedalam konsep-konsep yang lebih sederhana sehingga lebih muda untuk dimengerti.

Nah, teknik belajar dan mengajar tersebut sudah digunakan Feynman sejak ia masih berkuliah di Bridgetown dan mungkin saja secara tidak sadar kamu pernah memakai cara yang serupa. Lalu, bagaimana sebenarnya teknik Feynman ini? Teknik belajar Feynman ini dibagi kedalam empat tahapan.

Pertama, ambil selembar kertas dan tulis nama konsep yang sedang kamu pelajari diatasnya.

Kedua, tulis apa yang kamu tahu tentang konsep itu kemudian kamu bisa coba jelaskan konsep tersebut ke orang lain. Oh iya, anggap saja orang yang kamu beri penjelasan adalah seorang anak kecil sehingga kamu harus menjelaskan dengan bahasa yang sederhana. Jika tidak ada orang lain maka kamu bisa menjelaskan  konsep tersebut kepada diri sendiri melalui cermin atau menjelaskannya ke boneka dan tembok. Ketika menjelaskan kepada diri sendiri kamu bisa merekam menggunakan handphone atau kamera agar kamu bisa menonton ulang penjelasannya yang terpenting menggunakan bahasa yang sederhana dan singkat.

Ketiga, identifikasi atau temukan bagian penjelasanmu yang menurut kamu masih kompleks. Misalnya ada bagian dari konsep-konsep tersebut yang kamu masih belum benar-benar paham sehingga kamu belum mampu menjelaskannya dengan sederhana. Kamu bisa membuka lagi materi-materi yang pernah kamu pelajari atau membuka kembali catatan kamu.

Keempat, tandai kata-kata yang sulit dan sederhanakan kata-kata yang masih sulit dipahami dalam penjelasan konsepnya. Kalau bisa buatlah permisalan atau analogi-analogi untuk saling mempermudah. Nah, hasil akhir dari cara Feynman ini adalah sebuah penjelasan yang sesederhana mungkin dari konsep yang sedang kamu pelajari. Ulangi keempat tahap tersebut sampai kamu menguasai konsep atau topik tersebut.

Intinya ketika kita ingin mengetahui apakah kamu sudah benar-benar paham atau belum kamu harus mencoba menjelaskan ke orang lain dengan sederhana. Seperti istilah “If you cant explain it to a six year old, you don’t understand it yourself” artinya jika kamu tidak bisa menjelaskan ke anak 6 tahun berarti kamu belum mengerti. Sekarang coba deh jelaskan konsep yang sedang kamu pelajari ke anak tetangga yang berumur 6 tahun, kira-kira apakah kamu bisa menjelaskan konsep tersebut kepada anak itu? Jika bisa bearti kamu telah berhasil menguasai teknik belajar Feynman.

Teknik Feynman ini sangat membantu kamu dalam belajar, karena kamu akan cepat mendapatkan gambaran dari suatu konsep sehingga pengetahuan kamu akan suatu hal menjadi kuat dan mudah mengingatnya. Teknik Feynman juga membantu kamu menemukan sisi mana yang sebenarnya kamu belum mengerti dari sebuah materi. Kemudian ketika kamu menjelaskan ke orang lain biasanya materi atau konsep yang sedang dipelajari juga akan lebih mudah diingat. Meskipun Richard Feynman ini seorang fisikawan teknik ini tentu saja berlaku secara umum bahkan untuk anak sosial.

So, buat kamu yang akan menghadapi ujian, jangan hanya meminta penjelasan materi ke teman yang kamu anggap sudah mengerti tapi beranikan juga diri kamu untuk menjelaskan materi itu bersama dengan teman-teman kamu sehingga masing-masing tahu kurangnya di mana dan apa saja yang harus dipelajari. Itu dia teknik belajar Feynman yang sudah terbukti ampuh sampai-sampai pencetusnya menang penghargaan Nobel, semoga artikel ini bermanfaat untuk #temanlomba semua ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan ad-block kamu untuk melanjutkan.